Langsung ke konten utama

Grafologi dan Grafonomi: Mengunggkap Kepribadian Seseorang lewat garis tanda tangan

Di atas adalah contoh dari sedikit kajian tentang kepribadian orang yang dinilai dari tanda angan. Tanda tangan yang berukuran besar terkait dengan ciri kepribadian narsistik seperti sifat mendominasi dan ego yang sangat besar; yang secara positif berhubungan dengan pengeluaran yang melebihi anggaran, tingkat pengembalian aset yang rendah. Semakin besar tanda tangan, semakin sedikit paten yang diciptakan dan investor, kurangnya inovasi. Temuan ini masuk akal menurut Prof. Syebert, tanda tangan berukuran besar menunjukkan sifat narsis dan pemimpin narsis sering berperilaku dengan kinerja yang minim misalnya mendominasi diskusi, mengabaikan kritik, atau meremehkan karyawan.

Grafologi

Grafologi adalah sebuah studi untuk mengungkap kepribadian dan karakter seseorang berdasarkan tulisan tangannya. "Grafologi merupakan bagian kecil dari Handwriting Forensic, dan sebaiknya tidak disamakan antara satu sama lainnya" (Allan Jamieson, 2009:278). Kata Grafologi itu sendiri memiliki definisi sebagai studi tentang kepribadian seseorang melalui tulisan tangannya. Perlu diperhatikan bawa analisis ilmiah yang dilakukan oleh seorang ahli tulisan, merupakan suatu hal berbeda dengan pekerjaan yang dilakukan oleh graphologist. "Seorang graphologist dalam pekerjaannya ketika menganalisis tulisan, bertujuan untuk menemukan informasi mengenai sifat, kepribadian, dan karakter penulisnya". (Andrew R.W Jackson, 2011:347).

Di Indonesia, grafologi sudah cukup berkembang penggunaannya. Mulai dari untuk keperluan recruitment, hingga untuk masalah investigasi kejahatan. Mabes Polri sendiri pernah mengemukakan untuk menggunakan grafologi sebagai salah satu alat tes dalam izin penggunaan senjata api. 

Grafologi lebih mengkhususkan pada analisa psikologi dalam tulisan tangan. Sehingga, ahli ahli grafologi biasanya dapat diminta untuk membantu investigasi kasus kejahatan. Analisa grafologi akan sangat berguna dalam analisa surat bunuh diri. Seorang ahli grafologi akan dapat mengetahui faktor psikologis apakah yang membuat korban tertekan hingga melakukan tindakan bunuh diri. Selain itu, ahli grafologi juga dapat menggunakan kemampuannya untuk menganalisa kebohongan dalam suatu pernyataan tertulis. Teknik ini disebut juga handwriting lie detection, yang telah saya tulis di artikel sebelumnya.

Grafonomi

Menurut Amri Kamil dalam bukunya “Mengenal dan Mempelajari Anatomi Grafonomi Berkatian dengan Kejahatan Pemalsuan Dokumen”, Grafonomi adalah suatu ilmu pengetahuan yang dapat dipelajari dari goresan-goresan tulisan dalam sebuah tanda tangan. Grafonomi berasal dari kata grafis dan nomi, yang berarti pengetahuan tulisan, sehingga hasil goresan setiap individu dapat dipelajari secara ilmiah berdasarkan karakteristik tulisan/goresan yang ada. (Kamil: 2007)

Grafonomi mengkhususkan diri pada identifikasi tanda-tangan, tulisan tangan, tulisan ketik, cap stempel, barang cetakan/blanko, isi dokumen, dokumen secara keseluruhan. Kriteria karakter tulisan yang dipelajari dari Grafonomi adalah tarikan, tekanan, kelancaran, halus kasar, tempat perubahan arah tarikan, tarikan akhir, kebiasaan dan aksesorinya.

Dari definisi dan ruang lingkup (cakupan) Grafonomi, maka ilmu ini hanya mengungkap originalitas dari suatu dokumen dan aksesori / tambahan yang ada didalamnya.

Di Indonesia, teknik grafonomi ini digunakan secara intensif oleh Laboraturium Forensik Mabes Polri. Grafonomi seringkali digunakan oleh kepolisian untuk menganalisa kasus dugaan pemalsuan tanda tangan. Salah satu tokoh dalam bidang grafonomi di kepolisian adalah Kombes Pol. Amri Kamil yang telah menuliskan beberapa buku tentang bidang ini.

"Trus, kalo tanda tangannya gonta ganti mulu gimana?"
Setiap orang juga akan mengalami perubahan, contoh pas pas masa sekolah agan pendiem, tp pas kuliah agan mulai banyak temen dan terbuka, nah biasanya pada saat itu agan akan merasa perlu untuk merubah tanda tangan agan.. biasanya insting yg main itu limbik otak, pas agan liat ttd yg lama biasanya agan akan ngeliat itu udah ga cocok buat agan (ga enak diliat oleh agan) nah pada saat itu agan akan rubah tanda tangan agan menjadi lebih baik dan dirasa sesuai dengan kepribadian yg baru

Berikut jenis kepribadian seseorang dilihat dari bentuk tanda tangannya:
1. Ukurannya
Lihat ukuran tanda tangannya. Jika ukuran tanda tangan sama besarnya dengan tulisan atasnya, itu menandakan ia memiliki kepribadian yang tenang, dapat diandalkan, dan bijaksana. Berbeda dengan orang yang tanda tangannya lebih besar dibandingkan tulisannya. Itu menunjukkan bahwa orang tersebut memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Bila ukuran tanda tangan jauh lebih besar berarti ia seorang yang egois, suka cari perhatian, manupulatif, dan terlalu percaya diri. Sebaliknya, kalau ukuran tanda tangan lebih kecil dari tulisannya berarti dia merupakan sosok yang pendiam dan sensitif.





2. Letak Tanda Tangan dengan Tulisan
Menurut buku yang berjudul 'Kaya dengan GraphoSelling', orang yang menaruh tanda tangannya jauh dari tulisan di atasnya menandakan bahwa informasi yang ia tuliskan tidak sepenuhnya benar. Ia merasa ragu atau bahkan berbohong dengan pernyataan yang dituliskan. Bila seseorang menorehkan tanda tangannya dekat dengan tulisannya berarti ia merasa dekat dengan informasi di dalamnya. Semakin dekat tanda tangan dengan tulisan, semakin yakin penulisnya bahwa info yang ia berikan benar dan jujur.











3. Posisi Tanda Tangan (Terlalu Kiri)
Seseorang yang meletakkan tanda tangan terlalu kiri menunjukkan bahwa ia merupakan sosok yang tidak percaya diri. Jika penulis terbiasa menorehkan tanda tangan terlalu kiri di atas kertas kerjanya berarti ia tidak memiliki kebebasan dalam bekerja.

4. Posisi Tanda Tangan (Tengah)
Seseorang yang mencoretkan tanda tangan di tengah kertas menunjukkan bahwa ia memiliki kepribadian yang suka menjadi pusat perhatian dan cerewet.

5. Posisi Tanda Tangan (Kanan)
Jika seseorang meletakkan tanda tangan di sebelah kanan dan mempunyai jarak yang baik dengan kalimat terakhir tulisan atasnya berarti ia merupakan sosok bisa bersosialisasi dan memiliki inisiatif yang baik.

6. Tulisan Lancip atau Tajam
Seseorang yang memiliki ukiran lancip-lancip atau tajam seperti gambar rumput di tanda tangannya menandakan bahwa ia adalah seseorang yang cerdas dan berpendidikan seperti Donald Trumph.















7. Tidak Terbaca

Tanda tangan yang tidak terbaca menandakan bahwa orang tersebut merupakan sosok yang memiliki kepribadian tertutup.















8. Titik di Akhir Tanda Tangan

Seseorang yang memberi titik di akhir tanda tangan yang bukan merupakan kependekan namanya merupakan pribadi yang mudah curiga kepada orang lain. Namun saat sudah percaya dengan seseorang, akan menaruh kepercayaan yang sangat besar sehingga sering 'dimanfaatkan' oleh orang lain.

9. Diberi Garis Bawah
Jika seseorang menorehkan garis bawah di tanda tangannya berarti ia memiliki jiwa kepemimpinan. Namun perlu diperhatikan, jika garis bawahnya pendek berarti dia merupakan sosok yang terlalu bossy


Sebenarnya banyak lagi...tapi yg ts baru pelajari baru segini. Mudah2an dalam waktu dekat di update yach :)

Sumber: KASKUS

Komentar

Artikel Sering di Baca

Istilah-istilah dalam Perkreditan/Pembiayaan

Overdue Secara bahasa berarti; Lewat dari masa yang ditetapkan / lewat melakukan pembayaran, atau Tagihan yang tidak dibayar melewati batas tanggal jatuh tempo yang telah disepakati. Periode Overdue adalah Periode dimana Penanggung masih dapat memberikan penutupan pertanggungan walaupun telah terjadi penundaan pembayaran. Outstanding (Baki Debet) Secara bahasa berarti; Sesuatu yang belum diputuskan, belum selesai, yang nampak jelas, menarik perhatian, terkemuka.   adalah saldo pokok dari plafon pinjaman yang telah disepakati dalam perjanjian kredit dan biasanya akan berkurang jika angsuran rutin dilakukan atau sesuai jadwal pembayaran oleh debitur .

Cara memperbaiki tuts or tombol keyboard external/PC/Desktop tidak berfungsi

[solve] Cara memperbaiki tuts or tombol keyboard external/PC/Desktop tidak berfungsi PENTING: Cara ini dah ane coba dan berhasil di 2 keyboard ane Keyboard yang telah di tes bukan di keyboard laptop/notebook tapi keyboard external, tapi klo ente mo coba, silahkan...siapa tau berhasil terakhir DO IT AT YOUR OWN RISK ALAT: MULTITESTER, TANG, OBENG, KABEL SERAT, LAKBAN, GUNTING, CUTTER DLL. LANGSUNG AJA: 1. Cek/pastiin dulu tidak berfungsinya tombol keyboard agan pake software. Mis: Aquakey.exe, dsb. 2. Capture screen hasilnya, ini supaya agan ingat tombol mana aja yang tidak berfungsi dan tau jalurnya (gak penting amat sih) 3. lepaskan (KABEL) keyboard agan dari CPU agan 4. Sebelum membuka casing keyboard, pastikan keyboard agan dah dialas bagian tepi (jangan sampe kena tuts/tombol keyboar) nya pake sesuatu yang tebal.    cat: - ini gunanya supaya ketika agan membuka casing bagian belakang, semua karet tutsnya gak kelempar keluar karena tombol yang tertekan